Join Vinefire!

Bidvertiser

Sabtu, 16 Mei 2009

Blog diterima di paid review

Setelah memahami cara kerja Paid Review di artikel sebelumnya. Pertanyaan yang muncul di pikiran para blogger yang hingga kini masih saja direject oleh broker Paid Review (Sponsored Review, Blogvertise atau ReviewMe) adalah:

Bagaimana agar blog kita diterima oleh broker program Paid Review tersebut?

Di artikel ini saya akan sharing sedikit bagaimana blog yang saya kembangkan saya daftarkan ke Paid Review dan mendapatkan approval dari para broker Paid Review. Karena sifatnya sharing, mungkin akan ada sedikit perbedaan pengalaman antara saya ataupun blogger lainnya. Jadi bila ada keterangan saya yang salah, mohon koreksinya di kolom komentar

Hal mendasar bagi sebuah blog untuk diterima oleh broker Paid Review memang bervariasi. Tapi bisa kita generalisasikan sebagai berikut.

(i) Berumur lebih dari 3 bulan

Sebuah domain baru biasanya belum memiliki banyak artikel (kecuali bila memang kontennya sudah disiapkan sejak awal atau membajak konten blog orang lain :P). Search Engine juga biasanya kurang tertarik pada domain yang baru, mereka hanya akan mengindeks 3 halaman dari 5 artikel yang sudah anda tuliskan di sana, dan juga, Google Pagerank anda seringkali masih berada pada grey area / unranked. Karena itu, blog yang masih terlalu baru biasanya susah diapprove oleh broker paid review. Saran saya, sebaiknya dalam 3 bulan kita maksimalkan produksi dan kualitas tulisan di blog kita serta rajin-rajin bertukar link.Dengan begitu, jumlah halaman yang masuk ke database Google juga akan lebih banyak.

(i) Diindeks dan Dicached oleh Google

(i) Link Blog anda cukup populer

Ciri bahwa anda adalah seorang blogger yang cukup dikenal di kalangan pengguna internet dapat diukur dari seberapa banyak link blog anda tersebar di situs-situs atau blog lain. Link popularity tidak harus berupa do follow link, sebuah no follow links di kolom komentar blog lain juga akan meningkatkan link popularity anda. Maka dari itu, rajin-rajinlah berkomentar di blog lain, terutama blog Internet Marketing atau Make Money Online, karena biasanya blog-blog semacam itu memiliki hubungan yang baik dengan Yahoo Bots.

(i) Trafik blog yang terlihat ‘hidup’ / Alexa Rank cukup tinggi

Sebuah blog yang ‘hidup’ atau dikatakan memiliki pembaca dapat dinilai dari jumlah trafiknya, indikator yang digunakan adalah Alexa Rank, sekalipun sebenernya Alexa Rank tidaklah benar-benar akurat. Beberapa blog saya yang berbahasa Inggris sudah dapat diapprove pada saat Alexa Rank-nya 1 juta. Kalo blog belajar SEO ini memang didaftarkannya pada saat sudah 300ribu. Berhubung blog berbahasa Indonesia saya hanya blog ini, jadi saya kurang dapat memberi banyak masukan tentang peringkat Alexa Rank blog berbahasa lokal yang ‘menjual’ di mata broker Paid Review :D Ada banyak cara meningkatkan traffic blog, antara lain dengan baik tanpa SEO, trik Entrecard atau berkomentar di blog orang lain sambil menjalin pertemanan antar blogger :)

Menurut pengalaman saya, dengan menjalankan langkah-langkah di atas bisa menghantarkan blog kita untuk mendapatkan approval dari broker paid review. Bila ada masukan lainnya, saya akan sangat senang menerimanya sebagai bahan koreksi di artikel ini :)

Oya, satu hal yang perlu diingat, menerima approval dari broker paid review hanyalah sebuah tahapan untuk memasuki pasar paid review. Setelah mendapatkan approval, masih banyak yang harus kita kerjakan untuk bisa menerima job-job dari advertiser Paid Review

Tidak ada komentar: